favpict

favpict

Friday, June 6, 2008

Cake hantaran



Cake Talas


cake hantaran ini di order oleh Mba Yati yang ingin memberikan hadiah untuk sahabatnya yang akan melangsungkan akad nikah pada hari jumat tanggal 6 Juni 2008. Setelah berdiskusi ringan dengan Mba Yati, beliau menginginkan cake hantarannya nanti di dekor sederhana saja dan ada tambahan boneka pengantin di atas cakenya.

Pertama menerima order ini, terus terang he he he aku blank....wah mau buat apa ya....harus bagus nih....kan hadiah untuk acara spesial....sempat binun binun...sampe aku diskusi sama suami, eh...dapet nih kayanya.....aku tau mau seperti apa...
Aku mau dekor cake yang nuansanya fresh....
sambil mikir mikir terus...aku dapet ide nih...tling...tling..tling....tiba tiba aja....mau ngedekor pinggiran kue pake cokelat berbentuk daun, biar keliatannya alami gitu...terus pengen yang warna hijau, lihat lihat ke kebun tetangga di depan rumah ada pohon kembang sepatu, daunnya bagus nih....nah dapet deh....pake daun ini saja sebagai cetakannya.
Pada dasarnya setiap daun yang bentuknya bagus dengan tulang tulanga daun yang keliatan menonjol dan tidak terlalu tipis bisa dipakai dan yang paling penting....jangan yang mengandung racun atau getah yang berlebihan ya....:) kalo mo tahu daun apa saja yang beracun mungkin bisa di tanya ke orang yang suka berkebun atau coba searching di google aja kali ya...he he he... sorry berhubung aku bukan ahli tanaman jadi gak bisa kasih info lebih banyak mengenai jenis daun yang beracun :) saya sendiri prefer menggunakan daun mawar atau kembang sepatu karena bentuknya yang cantik, mengenai ukuran daun tentu saja kita harus menyesuaikan dengan ukuran cake yang akan kita buat.... nah inilah asiknya mendekor kue....tantangan untuk mengembangkan kreativitas berpikir dan menggabungkan dengan rasa seni...halaaahh...sok tau banget he he he

2 hari sebelum buat kuenya aku udah siapin cokelat hijau aku pake cokelat dari mercolade, cetakan daunnya aku pake daun kembang sepatu dari rumah tetangga, sebelum metik daunnya sempat berdialog dengan pohonnya...minta ijin gitu..."ijin metik daunnya ya..." dari kecil sampe udah tua kaya gini aku punya perasaan kayanya kalo ada pohon di cabutin daun sama bunganya mungkin gak ya ...mereka kesakitan....??? hhiiiyyyyyy.....gak tau deh....semoga aja engga ya...

cara buatnya begini ...

  • cokelat di tim
  • daun kembang sepatunya di cuci bersih, ditiriskan, di lap sampe kering,
  • terus kita oles cokelat di bagian belakang daun yang ada tulang tulang daunnya, di oles pake kuas aja... kuas yang berukuran besar akan membantu kita menghemat waktu
  • susun daun dengan bagian beroles cokelat di atas pada loyang kue kering atau piring datar beralas kertas
  • tunggu sebentar kemudian masukkan chiller sekitar 20 menit menit atau tunggu sampe set
  • setelah itu keluarkan dari chiller tunggu sebentar baru daunnya dikeletek pelan pelan ya....
  • hati hati mengoles jangan terlalu tipis, karena gampang patah
  • abis itu....kalo dah jadi taro di wadah kedap udara masukin kulkas deh...tinggal ambil kalo udah mo diaplikasikan, kalo bikin daunnya banyak lebih baik penyimpanannya dikelompokkan kemudian antar kelompok di batasi dengan kertas roti.
  • Note: Jika menginginkan cokelat daun dengan bentuk agak melengkung, taruh daun di atas gilingan kayu sebelum cokelat mengeras.

Hari kamis tanggal 5 Juni, pulang kantor start jam 19.30 aku start buat cakenya, aku buat cake talas yang pernah di share resepnya di blog ini, dekor pake non diary whip cream, buah strawberry yang seger dan cokelat mercolede bentuk daun warna muda, temanya apa ya....ini aja ya...pengantin di taman strawberry he he he

Jumat tanggal 6, pagi pagi sekalian berangkat kantor aku nganter kue ini, Alhamdulillah Mba Yatinya seneng banget....terima kasih juga buat Mba Yati yang udah repeat order beberapa kali, termasuk memesan cake talas ini, terima kasih buat kepercayaan yang diberikan ke aku ya Mba...mohon maaf kalo masih ada kekurangan di sana sini ya...:)

seneng banget bisa menjadi bagian dari kebahagiaan orang lain

No comments:

Blog Widget by LinkWithin